225 PESERTA PPG PASCA SM3T UNY JALANI UJIAN TULIS NASIONAL ONLINE

Sebanyak 225 Peserta program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pasca SM3T Bidang Mapel mengikuti Ujian Tulis Nasional (UTN) online, Sabtu, 31 Januari 2015 di UPT Pusat Kamputer Universitas Negeri Yogyakarta.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pasca SM3T Bidang Mapel yang diselenggarakan Universitas Negeri Yogyakarta sebanyak 10 mata pelajaran meliputi, Mata Pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, IPA, Ekonomi, Geografi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan PJKR.

Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Tenaga Kependidikan dan Non Kependidikan, Suyud, M.Pd. mengatakan ujian online dilakukan melalui komputer yang terhubung dengan server pusat di mana setiap peserta ujian melakukan login dengan user name dan password yang telah diberikan oleh panitia.

“Sebelum ujian, para peserta diberi penjelasan teknis oleh panitia berkaitan dengan teknis pelaksanaan ujian kompetensi kemudian diadakan simulasi ujian dipandu oleh Tim IT UTN PPG, untuk memastikan peserta ujian memahami teknis pelaksanaan ujian online”, kata Suyud, M.Pd.

Menurutnya, ujian tulis ini merupakan tahapan akhir dalam pelaksanaan PPG untuk menentukan proses kelulusan peserta. Pada pelaksanaan ujian dalam PPG ini dibagi dalam beberapa tahapan diantaranya, ujian workshop yang dilaksanakan di semester pertama, ujian praktek mengajar, ujian tulis LPTK, dan terakhir adalah Ujian Tulis Nasional Online. Semua ujian tersebut merupakan ujian bidang akademik. Sementara untuk proses kelulusannya akan ditambah dengan nilai kehidupan di asrama. Selama mengikuti PPG, mereka ditempatkan di asrama dan harus mengikuti berbagai program yang diselenggarakan oleh asrama.

“Kedua unsur ini harus mereka tempuh dan jika dinyatakan lulus dari penilaian akademik dan asrama maka mereka akan diberi sertifikat”.

Sementara itu, setelah dilaksanakan ujian tulis nasional online, para peserta mengikuti serangkaian tes urine untuk mengecek peserta dari unsur narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya yang diselenggarakan di Ruang 210 Gedung LPPMP UNY Lantai 2. Tes urine bagi para peserta dijadikan sebagai salah satu syarat kelulusan bagi para peserta. Dan pengambilan sample urine dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dikti memberikan instruksi kepada para calon guru ini untuk melakukan tes urine guna memastikan calon guru yang mengikuti ujian tidak memakai narkoba. Upaya dilakukan oleh Dikti dalam rangka menekan peredaran dan pemakaian bahaya narkotika yang sudah menjadi ancaraman bagi bangsa. (Dani)

Error | Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.