BIMTEK APPLIED APPROACH BAGI DOSEN UNY

.

Upaya peningkatan profesionalisme dosen di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terus dilakukan. Tanggal 24-31 Juli 2017 sebanyak 21 orang dosen dari semua fakultas yang ada di lingkungan UNY mengikuti program pelatihan Applied Approach (AA). Melalui pelatihan ini, para dosen tersebut diharapkan mampu merekonstruksi mata kuliah yang diampunya dalam upaya peningkatan kualitas proses dan hasil perkuliahan bagi mahasiswa UNY.

Pelatihan Applied Approach (AA) bagi dosen UNY Tahun 2017 ini dilaksanakan di Ruang Rapat-2, Gedung LPPMP, UNY. Upacara Pembukaan dilaksanakan pada hari pertama, Senin, 24 Juli 2017 pada jam 07.30-08.00. Selain para peserta, upacara tersebut juga dihadiri oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., Prof. Dr. Anik Ghufron selaku Ketua LPPMP UNY, Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum, Instruksional, dan Sumber Belajar (P2KIS) Dr. Sunaryo Sunarto, M.Pd, Sekertaris P2KIS, Dra. Lis Permana Sari, M.Si., dan semua staf P2KIS, LPPMP, UNY. Selesai upacara pembukaan dilakukan foto bersama dan dilanjutkan penyampaian materi pelatihan sesuai jadwal.

Beberapa sambutan disampaikan selama upacara pembukaan pelatihan AA tersebut. Sambutan pertama disampaikan oleh Dr. Sunaryo Sunarto, M.Pd. selaku Kepala P2KIS sekaligus mewakili seluruh panitia pelatihan. Dalam sambutan tersebut dilaporkan bahwa Pelatihan AA ini diikuti oleh 21 orang dosen UNY dari berbagai fakultas di lingkungan UNY. Dijelaskan juga dalam sambutan tersebut jumlah narasumber dan kualifikasinya, jadwal pelatihan, tata tertib, materi, penilaian, serta tugas-tugas yang harus dipenuhi oleh semua peserta. Dr. Sunaryo Sunarto, M.Pd. menghimbau agar para peserta dapat mengikuti seluruh kegiatan dan memenuhi tugas-tugas pelatihan dengan baik termasuk Tugas Akhir berupa Rekonstruksi Mata Kuliah dalam upaya meningkatkan profesionalisme dosen. Di akhir sambutannya, Kepala P2KIS mohon kepada Rektor UNY untuk memberikan sambutan sekaligus membuka Pelatihan.

Dalam sambutannya, Rektor UNY menyampaikan bahwa dalam rangka menjamin mutu perkuliahan seorang dosen profesional memang harus menguasai bidang studi atau bidang keilmuan yang diampunya. Namun demikian, bidang metode penyampaian ilmu kepada mahasiswa secara efektif juga perlu dikuasai dengan baik. Dengan penguasaan metode yang lebih tepat dalam mengajarkan ilmu pengetahuan proses dan hasil belajar mahasiswa juga akan lebih baik dan bermakna. Pelatihan AA ini diberikan agar para dosen UNY sebagai peserta dapat menguasai teori-teori terutama terkait dengan metode, model, dan strategi yang tepat dan inovatif dalam perkuliahan terutama dalam mengajarkan ilmu pengetahuan atau materi kepada mahasiswa sebagai peserta didik. Oleh karena itu, kepada seluruh peserta Rektor UNY mengharapkan agar para dosen peserta pelatihan dapat mengikuti dan terlibat aktif dalam pelatihan AA ini sesuai jadwal dengan disiplin baik waktu maupun kegiatannya.

Setelah upacara pembukaan selesai dilakukan, seluruh peserta bersama Rektor, Ketua LPPMP, Kepala P2KIS dan seluruh panilia berfoto bersama. Setelah pengambilan foto bersama, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi pelatihan sesuai jadwal. (ismaniati)

Error | Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.