BIMTEK PEKERTI BAGI TNI AU Angkatan 15

.

Pada hari Senin, tanggal 07 Agustus 2017 di LPPMP dilaksanakan BIMTEK PEKERTI bagi para dosen di lingkungan Akademi TNI AU. BIMTEK PEKERTI ini diikuti oleh 25 orang peserta dari tenaga pengajar di lingkungan TNI AU. Upacara Pembukaan dilaksanakan di Ruang Sidang II LPPMP UNY dihadiri oleh Rektor UNY, Ketua dan Sekertaris LPPMP, Koordinator Dosen dan Instruktur AAU, Kepala dan Sekertaris P2KIS dan serta seluruh peserta dan panitia kegiatan dari pihak Akademi TNI AU. Upacara Pembukaan Pelatihan PEKERTI yang berlangsung sekitar 40 menit tersebut berjalan dengan lancar dan di akhir upacara dilakukan foto bersama di depan gedung LPPMP UNY.

Pada upacara tersebut disampaikan beberapa sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua P2KIS, Bapak Dr. Sunaryo Sunarto, M.Pd. Dalam sambutannya tersebut Dr. Sunaryo Sunarto sebenarnya menyampaikan laporan kepada Rektor bahwa sampai saat ini kerjasama antara UNY dan TNI AU telah terjalin baik sangat lama. Salah satu wujud kerjasama tersebut adalah penyelenggaraan PEKERTI dan Applied Approach. BIMTEK Pekerti untuk para dosen di lingkungan Akademi TNI AU kali ini merupakan Pelatihan untuk Angkatan yang ke lima belas (15) dengan peserta seluruhnya berjumlah 25 orang. Pelatihan diselenggarakan selama 5 hari tatap muka dan dua minggu tugas mandiri produk akhir PEKERTI yang diharapkan meliputi empat (4) macam tagihan yaitu Peta hasil Analisis Capaian Pembelajaran (ACP), Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Kisi-kisi Instrumen Penilaian, dan Contoh alat penilaian untuk tiap-tiap aspek (sikap, pengetahuan, dan keterampilan). Sedangkan narasumber yang akan memberi materi BIMTEK PEKERTI berjumlah  12 orang terdiri dari 8 orang Profesor dan 4 orang Doktor yang kesemuanya secara akademik merupakan ahli di masing-masing bidang atau materi yang dilatihkan.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Koordinator Dosen dan Instruktur AAU mewakili Gubernur AAU, Kolonel Penerbang Fathurrohman Indrajaya. Selain berterimakasih kepada Rektor dan seluruh jajarannya di LPPMP UNY atas kerjasama yang masih terjalin selama ini, Kolonel Indrajaya selaku Kordos juga mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan bagi para tenaga pengajar di lingkungan TNI AU untuk menempuh BIMTEK PEKERTI di LPPMP UNY. Sesuai UU Guru dan Dosen, para tenaga pengajar di lingkungan TNI AU harus mampu melaksanakan pekerjaannya sebagai dosen profesional yang bukan hanya mampu merancang pembelajaran, tetapi juga melaksanakan pembelajaran yang berkualitas termasuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PPM). BIMTEK PEKERTI bagi para tenaga pengajar di lingkungan TNI-AU merupakan program yang dirancang oleh pendidikan tinggi (Dikti) agar para tenaga pengajar menguasai kompetensi pedagogik. Melalui mengikuti BIMTEK PEKERTI para tenaga pengajar di lingkungan TNI AU diharapkan mampu menjadi pioner sebagai pendidik profesional di jajaran TNI-AU. Kepada seluruh peserta Kolonel Penerbang Indrajaya mengharapkan agar para peserta selalu bersemangat dan penuh perhatian dalam mengikuti semua kegiatan dalam rangka Pelatihan PEKERTI di LPPMP ini.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. yang sekaligus membuka secara resmi BIMTEK PEKERTI bagi dosen-dosen di lingkungan Akademi TNI-AU angkatan ke-15 ini. Dalam sambutannya, Rektor UNY menyampaikan tiga hal penting yaitu: 1) Rektor mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik antara UNY dan AAU hingga saat ini. Kerjasama ini telah terjalin lama, termasuk pembekalan bagi lulusan UNY yang akan bekerja di daerah SM-3T yang ternyata berdampak baik bagi kemandirian dan kepercayaan-diri selama di daerah pengabdian; 2). Rektor menekankan tentang perlunya para dosen selalu meng-update informasi dan jurnal-jurnal ilmiah terakreditasi terutama terkait dengan kompetensi pedagogik, mengingat untuk penguasaan kompetensi personal, profesional, dan sosial dapat dipelajari sepanjang waktu; 3) terkait dengan penguasaan kompetensi pedagogik, para peserta diajak untuk bersama-sama meng-update dan sharing bersama melalui pelatihan PEKERTI kali ini. Rektor berharap bahwa pengalamannya ketika membantu di Kementerian pada bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) akan sungguh membantu peserta dalam memahami tentang pentingnya melaksanakan pembelajaran yang berkualitas bagi para mahasiswa atau taruna kita.

Rektor UNY menutup sambutan dengan menyampaikan ucapan terimakasih kepada TNI-AU atas kepercayaan dan kerjasama yang telah terjalin selama ini dalam rangka BIMTEK PEKERTI. Rektor berharap semoga seluruh acara berjalan dengan lancar dan sukses. Acara diakhiri dengan Rektor membuka BIMTEK PEKERTI dilanjutkan foto bersama.

Error | Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.