Evaluasi Praktek Pengalaman Lapangan dan Praktek Kerja Lapangan tahun 2012

Pusat PKL dan PPL selalu berusaha mewujudkan kegiatan pelaksanaan KKN dan PPL yang berkualitas dan tepat sasaran untuk mahasiswa UNY. Berkualitasnya pelaksanaan KKN-PPL tentunya juga membawa nama baik Universitas Negeri Yogyakarta di mata masyarakat secara umum. Hal ini diwujudkan melalui perbaikan dan pencarian solusi yang terbaik dari tiap permasalahan yang muncul sepanjang masa penerjunan mahasiswa ke institusi, lembaga atau masyarakat. Dengan dasar tersebut pusat KKN dan PPL LPPMP mengadakan kegiatan evaluasi KKN-PPL tahun 2012 yang diselenggarakan pada hari senin 24 September 2012. Peserta kegiatan ini tidak lain adalah mahasiswa UNY yang baru saja ditarik dari lokasi KKN-PPL. Sekitar 400 orang mahasiswa hadir dalam acara yang terbagi 2 gelombang (09.00 – 10.30 dan 10.30 – 12.00 WIB). Mereka adalah perwakilan dari masing-masing kelompok lokasi KKN-PPL di area DIY, Jateng dan Sekitarnya.

Dr. Ngatman Suwito, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk menginventarisasi permasalahan dengan harapan dapat dicarikan solusi dan perbaikan untuk pelaksaan KKN-PPL tahun depan. Beliau mengajak mahasiswa untuk tidak ragu-ragu untuk menyampaikan keluh kesah mereka. “kritik atau saran tidak akan mempengaruhi nilai KKN-PPL kalian.”ucap beliau meyakinkan peserta.

Menanggapi ajakan Pak Ngatman, beberapa perwakilan mahasiswa bercerita tentang pengalaman mereka selama berada di lokasi KKN. Kritik, saran dan keluh kesah peserta ditampung dan ditanggapi langsung oleh Pak Ngatman dan Pak Eko sebagai Kepala dan Sekretaris Pusat PPL dan PKL. Sedangkan keluhan yang tidak dapat langsung ditanggapi ditampung untuk kemudian dicarikan solusi terbaik sebagai evaluasi kegiatan KKN-PPL kedepan.

Tags: