Error message

  • Notice: Undefined index: type in lightbox2_field_formatter_view() (line 1051 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: image_style in lightbox2_field_formatter_view() (line 1052 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: lightbox_style in lightbox2_field_formatter_view() (line 1053 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: caption in lightbox2_field_formatter_view() (line 1078 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).

Final Lomba Inovasi Pembelajaran dan Manajemen Sekolah

Minggu, 10 Mei 2015,Sebanyak 30 finalis Lomba Inovasi Pembelajaran dan Manajemen Sekolah untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah se-DIY Jateng dalam rangka Dies UNY ke-51 bertanding mempresentasikan hasil karya mereka. Acara diawali dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh ketua panitia DIES UNY ke-51 Dekan FMIPA Dr. Hartono, Sekretaris LPPMP Prof. Dr. Suwarna, dan Kepala Pusat Pengembangan Sekolah Laboratorium Dr. Sri Winarni beserta dosen-dosen sebagai dewan juri, serta dihadiri juga oleh peserta undangan perwakilan dari Sekolah Laboratorium di Yogyakarta.

Menyambut sekaligus membuka acara secara resmi adalah Ketua Dies UNY ke-51 Dr. Hartono, Dalam sambutannya, Dr. Hartono mengucapkan selamat pada para finalis dan mengajak peserta untuk berkolaborasi dalam memajukan pendidikan di Indonesia. "Melalui lomba ini semoga kita dapat terus berkolaborasi untuk memperjuangkan pendidikan bersama-sama", ucapnya.

Acara yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Lab-School LPPMP UNY ini dibagi menjadi 3 kategori, Kategori A untuk Penelitian Pembelajaran untuk Guru. Kategori B, Best Practice Pemberlajaran untuk Guru. Kategori C, Penelitian dan Best Practice Manajemen Sekolah untuk Kepala dan Pengawas Sekolah. Dengan pendaftar sebanyak 392 orang, juri kemudian menetapkan 10 nominator untuk setiap kategori untuk mempresentasikan karyanya dihadapan para juri.

Berikut adalah nama-nama pemenang  Lomba Inovasi Pembelajaran dan Manajemen Sekolah untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah se-DIY Jateng dalam rangka Dies UNY ke-51, untuk Kategori A Juara 1 diraih oleh Wahyudi, S.Pd. I. dari SMPN 1 Rakit Banjarnegara, Juara 2 oleh Fita Fatimah, S.Pd. dari SMPN 1 Welahan Jepara, dan Juara 3 berhasil diraih oleh Nurchasanah, M.Pd. dari TK Purwosari Demak. Untuk kategori B  Juara 1 adalah Dwi Ermavianti W.S, S.Pd dari SMKN 1 Sewon Bantul; Juara 2 adalah Dian Perdana S.R, S.Pd dari SDN 2 Tarubatang Boyolali, dan Juara 3 adalah Dr. Azam Syukur R, M.Si, M.A. dari Madrasah Aliyah Plus Nurrohmah Tambaksari. Untuk kategori C Juara 1 diraih oleh Tangsi Sasmito, M.Pd. dari SDN Pendulan Sleman, Juara 2 diraih oleh Dra. Reni Herawati, M.Pd. B.I. dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, dan Juara 3 diraih oleh Asim, S.Pd dari SDN Wonobodro 1 Batang. Para pemenang mendapatkan Piala Penghargaan dan Uang Pembinaan.

Aspek yang dinilai dalam lomba ini adalah aspek penyajian naskah dan presentasi yang meliputi kerunutan dan kejelasan penyajian, penguasaan materi, metode dan alat bantu dalam penyajian, kemampuan penalaran dan ketepatan menjawab pertanyaan dari tim penilai, sikap, kepercayaan diri dalam penyajian dan ketepatan waktu penyajian. Hasil karya para peserta sepertinya cukup membuat dewan juri kesulitan dalam menentukan pemenangnya, “Hasil Karya peserta bagus-bagus dan sangat inovatif, cukup sulit untuk menentukan mana yang terbaik”, ungkap Dr. Sri Winarni dalam sambutannya. (Binar)