Final Lomba Inovasi Pembelajaran dan Pengelolaan Sekolah

Dalam rangka menyemarakkan Dies Natalis ke-50 Universitas Negeri Yogyakarta, Pusat Pengembangan Sekolah Laboratorium (Lab-School) LPPMP UNY mengadakan lomba yang melibatkan guru dan kepala sekolah mulai dari PAUD hingga SMA baik dari sekolah negeri maupun swasta di DIY dan Jawa Tengah. Setelah melalui tahap seleksi akhirnya Final lomba ini dilaksanakan pada Sabtu, 3 Mei 2014. Sebanyak 40 orang finalis dari semua tingkat berkompetisi mempresentasikan hasil karya mereka.  Acara dibuka secara resmi oleh Rektor UNY Prof.Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. menurutnya pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang berfungsi untuk menyiapkan peserta didik agar dapat menghadapi tantangan perubahan dalam kehidupan lokal, nasional, dan global melalui pembelajaran aktif, inovatif, dan kreatif. Oleh karena itu, sistem pendidikan harus terus menerus dikembangkan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. "Saya yakin pendidikan yang berkualitas dapat diwujudkan melalui school principal leadership dan teacher performance yang baik" ucapnya.

Setelah upacara pembukaan peserta dikelompokan menjadi empat kelas yaitu kategori guru PAUD dan SD/MI, Guru SMP/Mts, Guru SMA dan sederajat dan kategori kepala sekolah. Lomba ini melingkupi aspek strategi pembelajaran, media pembelajaran, teknik penilaian, ekstrakulikuler, manajemen kelas hingga pengembangan budaya sekolah. Dengan tema "Inovasi Pembelajaran dan Pengelolaan Sekolah untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik", para finalis terlihat telah mempersiapkan berbagai macam media baik berupa alat maupun dokumentasi multimedia untuk menarik perhatian juri.

Final ini berlangsung selama hampir 8 jam untuk presentasi peserta. Dengan sistem penilaian akumulasi antara nilai karya tulis dan performance ketika presentasi dengan bobot 50 banding 50, sebanyak 12 orang terbaik diumumkan hari itu juga. Pemenang lomba untuk tingkat PAD dan SD/MI adalah Yatirah, S.Pd, M.M. dari TK ABA Jeruksari, Wonosari, Gunung Kidul;  Erna Sundari, S.Pd, M.Si. dari TKN 2 Yogyakarta; Dewi Widyastuti, S.Pd.I. dari TK ABA Kauman, Kota Yogyakarta. Untuk tingkat SMP/MTs adalah Wahyudi, S.Pd.I. dari SMPN 2 Karangkobar, Purbalingga; Drs. Sudarsono,M.Si dari SMPN 1 Yogyakarta, dan Sri Rejeki, S.Pd dari SMPN 2 Gedangsari, Gunung Kidul. Untuk tingkat SMA/MA/SMK/MAK adalah Nur Kholiq, S.Pd dari SMKN 2 Depok, Sleman; Suwarso Mulyo D dari SMAN 1 Sewon, Bantul; dan Rochmat Isnaini, S.Pd dari SMKN 1 Kedawung, Sragen, Jawa Tengah. Sedangkan untuk kategori Kepala Sekolah adalah Kisworo, M.Pd. dari SMPN 1 Gedangsari, Gunung Kidul; Rr. Ani Prihati handayani, M.Pd. dari SMPN 1 Pandak, Bantul, dan Hj. Wahyu Cahyaning Pangestuti, M.Pd dari SMPN 9 Yogyakarta. (bin)

Error | Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.