Error message

  • Notice: Undefined index: type in lightbox2_field_formatter_view() (line 1051 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: image_style in lightbox2_field_formatter_view() (line 1052 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: lightbox_style in lightbox2_field_formatter_view() (line 1053 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: caption in lightbox2_field_formatter_view() (line 1078 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).

LOKAKARYA PENYIAPAN PENGISIAN BORANG AKREDITASI PROGRAM STUDI, FAKULTAS DAN PPS

“Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dalam satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh Pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik. Hal ini dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan”

Senin dan Selasa, 24-25 Juni 2013, Pusat Penjaminan Mutu LPPMP mengadakan lokakarya penyiapan pengisian borang akreditasi program studi, fakultas dan Program Pascasarjana. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor 1 Dr. Wardan Suyanto, M.Pd, dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa untuk memperoleh maupun mempertahankan status akreditasi, diperlukan integritas seluruh elemen, “Penentu akreditasi institusi adalah akreditasi prodi-prodi di bawahnya.”, jelasnya.

Kemudian lokakarya yang dilaksanakan selama dua hari ini dilanjutkan dengan materi inti lokakarya. Selama dua hari tersebut, peserta mendapatkan pembekalan teori dan praktek dari 8 assessor yang sudah ditunjuk dan mewakili semua fakultas di UNY. Mereka adalah Dr. Mukminan (FIS), Prof. Dr. Haryadi(FBS), Dr. Rer. Nat. Senam (FMIPA), Dr. Muh. Nurwangit (FIP), Dr. Heru Kuswanto (FMIPA), Dr. Hari Sutrisno (FMIPA), Dr. Udik Budi Wibowo(FIP) dan Dr. BM. Woro Kushartanti (FIK). Assessor membahas tatacara, teknis dan strategi mengenai borang akreditasi program studi agar sesuai standar.  Penjelasan dari assessor tidak hanya pada pengisian borang saja, tapi termasuk juga cara pengajuan borang akreditasi program studi yang telah terisi, dan strategi penerimaan Tim Asesor dari BAN-PT.

Dalam penjelasan umum mengenai konsep dasar dari pengisian borang akreditasi, Dr. Samsul Hadi, M.Pd, M.T mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini peserta menjadi lebih paham tentang tata cara dan teknis pengisian borang akreditasi program studi yang sesuai standar. Selain teknis pengisian, para peserta juga dapat memahami strategi-strategi dalam mengajuan borang akreditasi. Di samping itu, secara institusi program studi yang ada semakin berkualitas dan perolehan nilai akreditasi menjadi optimal seperti yang diharapkan. Dengan pemahaman ini diharapkan juga terjadi perbaikan-perbaikan di internal program studi di fakultas khususnya dan institusi UNY pada umumnya.