LPPMP UNY Adakan Diklat Penelusuran Lulusan SMK

.Tujuan utama pendidikan kejuruan adalah menyiapkan para lulusannya memiliki kemampuan khusus pada bidang tertentu untuk siap kerja. Pemasaran dan penelusuran lulusan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pendidikan. Keberhasilan pemasaran tamatan merupakan salah satu indikasi keberhasilan SMK terutama terkait dengan melaksanakan proses pendidikan. Direktorat PSMK Kemendikbud bekerja sama dengan LPPMP UNY mengadakan Diklat Penelusuran Lulusan SMK di Ruang 210 Gedung LPPMP.

Acara yang dilaksanakan tanggal 14 s.d. 23 Januari 2016 ini dihadiri 117 SMK dari wilayah DIY, Kab. Klaten dan Kab. Magelang. Diklat dibuka oleh Dr. Budi Tri Siswanto, M.Pd. dilanjutkan sambutan oleh Plt. Ketua LPPMP Prof. Dr. Suwarna, M.Pd sekaligus pemberian materi. Hadir juga pemateri pada Diklat tersebut Drs. H.M. Mustaghfirin, M.BA.  (Direktur Pembinaan SMK Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud), Drs. Ketut  Ima Iswara, M.Pd., M.Kes., Minta Harsana, A.Par., M.Sc., Dr.  Agung Budi Susanto., Sulistio Mukti Cahyono, M.BA., dan Toto Sukisno, M.Eng.
Selain pemberian materi, Diklat diisi juga dengan FGD (Focus Group Discussion) penelusuran lulusan SMK. Pada kesempatan tersebut, para guru menyampaikan apresiasi dan kendala-kendala terhadap model penelusuran lulusan yang telah dilakukan oleh sekolah.