PEKERTI BAGI TNI AU ANGKATAN 19

.

            Di bulan Juli 2019 ini, tepatnya hari Senin 15 Juli 2019, kerjasama yang telah terjalin cukup lama antara TNI AU dengan UNY kembali diwujudkan dalam bentuk kegiatan Bimtek PEKERTI (Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional) bersama Pusat Pengembangan Kurikulum, Instruksional, dan Sumber Belajar (P2KIS) di Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) UNY. Kegiatan Bimtek PEKERTI yang telah memasuki angkatan ke-19 ini diikuti oleh 25 dosen di lingkungan TNI-AU.

                Upacara pembukaan Bimtek PEKERTI dilaksanakan pada hari Senin, 15 Juli 2019 tepat jam 07.30 -08.15 WIB di Ruang Rapat-2 Gedung LPMPP sekaligus sebagai ruang tempat Bimtek dilaksanakan. Dalam upacara tersebut, selain dihadiri oleh para peserta Bimtek dari TNI-AU dan seluruh staff LPMPP, hadir pula Direktur Pengkajian AAU yang mewakili Gubernur TNI AU, Kol. Lek. Suparno, S.T., dan para pejabat terkait dilingkungan UNY yaitu Wakil Rektor-1, Prof. Dr. Margana, M.Hum., Ketua dan Sekertaris LPMPP, Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. dan Prof. Dr. Suwarno, M.Pd., Kepala dan Sekertaris P2KIS Dr. Sunaryo Soenarto, M.PD; dan Dra. Lis Permana Sari, M.si, serta wakil narasumber dan seluruh staff di LPMPP.

         Seperti biasa, upacara Pembukaan diawali dengan berdoa dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan penyampaian Laporan Panitia oleh Kepala P2KIS, Dr. Soenaryo Soenarto, M.Pd. Setelah itu, sambutan Gubernur TNI-AU yang disampaikan oleh Kolonel. Lek. Suparno, S.T., dan sambutan terakhir sekaligus membuka Bimtek PEKERTI disampaikan oleh WR-1 UNY, Prof. Dr. Margana, M.Hum, M.A.. Dalam sambutannya, Kepala P2KIS melaporkan bahwa Bimtek PEKERTI kali ini diikuti oleh 25 orang dosen-dosen TNI-AU, dan kegiatan pelatihan dilaksanakan selama lima hari, dengan jumlah waktu tatap muka sebanyak 56 jam. Di hari terakhir kegiatan tatap muka peserta akan melaksanakan Simulasi Mengajar dan setelah itu peserta secara mandiri mengerjakan Tugas Akhir yang meliputi menyusun 1) Peta Capaian Pembelajaran, 2) RPS/Silabus, 3) dua SAP, 4) Kisi-kisi Instrumen UAS, dan 5) Contoh UAS baik dalam bentuk tes objektif maupun tes essay berikut kunci jawabannya.

Gubernur AAU dalam sambutannya, yang diwakili oleh Kolonel Lek. Suparno, S.T., menyatakan bahwa kemajuan di bidang IPTEKS saat ini menuntut para dosen di lingkungan TNI-AU mampu menjadi pendidik profesional, bertanggungjawab, dan memiliki integritas yang tinggi yang harus mampu melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran yang bermutu di lingkungan TNI-AU sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Mengacu pada UU Guru dan Dosen, dosen juga merupakan pendidik yang juga memiliki tugas sebagai peneliti dan pengabdi masyarakat. Para dosen TNI-AU perlu harus menjadi pionir dan terus meningkatkan komitmennya untuk selalu memperbaharui strategi baru dalam upaya transfer pengetahuan serta harus patut diteladani. Oleh sebab itu, desain dan pelaksanaan proses pembelajaran perlu terus diperbaharui sesuai dengan kemajuan dan tuntutan Abad Industri 4.0 ini serta kemajuan di bidang IPTEKS tersebut. Melalui Bimtek PEKERTI ini para dosen diharapkan dapat menyerap ilmu-ilmu baru terutama dalam mendesain pembelajaran termasuk menyusun silabus/RPS, SAP, dan sebagainya sesuai perkembangan saat ini. Gubernur AAU mengucapkan terimakasih kepada UNY atas kerjasama yang telah terbangun selama ini terutama terkait pelaksanaan PEKERTI dan berharap akan adanya kemungkinan kerjasama di bidang lain.

Wakil Rektor-1 UNY, Prof. Dr. Margana, M.Hum, M.A. dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini dunia telah memasuki era disrupsi dan industri 4.0 yang berimplikasi pada perlunya para pendidik berubah paradigma pembelajarannya yaitu pembelajaran jaman now yang mengarah pada terwujudnya self regulated learning. Tugas pendidik, lanjut Prof. Margana, pendidik bukan hanya bertugas untuk melakukan transfer ilmu, melainkan juga transfer nilai sehingga para lulusan akan memiliki keunggulan kompetitif di pasar kerja. Peserta didik harus difasilitasi belajarnya agar mencapai literasi data, teknologi, maupun literasi-manusia sehingga menjadi manusia yang utuh. WR-1 UNY mengakhiri sambutannya dengan membuka secara resmi Bimtek PEKERTI bagi Tenaga Pengajar dilingkungan TNI-AU Angkatan ke-19 dilanjutkan dengan acara Penutup yaitu foto bersama di lobby LPMPP UNY.