Pelatihan Menyusun Naskah Program Video Pembelajaran

          Diluncurkannya Permendikbud No 49 tahun 2014, yang direvisi Permenristekdikti No 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). SNPT pasal 10 Standar proses mencakup: a) karakteristik proses pembelajaran, b) perencanaan proses pembelajaran, c) pelaksanaan proses pembelajaran, dan d) beban belajar mahasiswa. Karakteristik proses pembelajaran yang dimaksud meliputi: sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa. Karakteristik-karakteristik tersebut pada hakikatnya identik dengan konsep Student Centered Learning (SCL). Implementasi karakteristik proses pembelajaran tersebut dalam pembelajaran di jenjang pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi akan menjadi hambatan, apabila para pendidik (dosen, guru, instruktur, widyaiswara) sebagai agen pembaharuan pendidikan belum memiliki pengetahuan dan kemampuan aplikatif dalam mengimplementasikan di kelas. Untuk itu diperlukan ketersediaan sumber belajar dan sekaligus media pembelajaran tentang model/metode pembelajaran.

          Pada tanggal 18 dan 19 Agustus 2016 Pusat Kurikulum Instruksional dan Sumber Belajar (P2KIS-LPPMP) mengadakan pelatihan Menyusun Naskah Program Video Pembelajaran. Pelatihan diikuti oleh 20 dosen yang mengajar strategi pembelajaran dari 7 Fakultas di UNY yang ditunjuk Dekan. Dalam paket pelatihan ini peserta mendapat 6 materi yaitu : Karakteristik Video Pembelajaran Sebagai Sumber Belajar; Teknik Produksi Video Pembelajaran; Pengembangan Naskah Video Pembelajaran/ Instruksional; Praktek Pembuatan Naskah 1; Praktek Pembuatan Naskah 2; Presentasi Pembuatan Naskah. Enam materi tersebut disampaikan oleh 3 Narasumber Akademisi yaitu : Dr. Sunaryo Soenarto, M.Pd.; Dr. Ch. Ismaniati, M,.Pd.; Yuswati, M.Pd. dan 1 praktisi dari BTKP Yogyakarta yaitu : Oki Pambudi, S.Pd.

          Pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Produksi Video Model – Model Pembelajaran yang dikelola oleh P2KIS LPPMP bersumber dana dari WR 1 UNY. Hasil dari pelatihan berupa Naskah Program Video Pembelajaran yang digunakan untuk Produksi Video Model – Model Pembelajaran setelah melalui tahapan Penyusunan TIM Produksi; Review Akhir Naskah; Seleksi Pemeran dan Presenter. (Rifqi)