PELATIHAN PEKERTI BAGI DOSEN UAD ANGKATAN 2 TAHUN 2017 (gelombang 7)

Upaya peningkatan profesionalisme dosen di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta senantiasa dilakukan. Hari Senin-Jum’at, tanggal 30 Januari-02 Februari 2017, UAD kembali mengirim 25 orang dosennya (Angkatan ke-2) untuk mengikuti Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) setelah minggu lalu 25 dosen UAD (Angkatan ke-1) telah selesai mengikuti pelatihan yang sama di lembaga yang sama yaitu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Pelatihan Pekerti bagi dosen UAD Angkatan ke-2 ini diselenggarakan di Ruang Rapat-2, Gedung LPPMP, UNY. Upacara Pembukaan dilaksanakan pada hari pertama, Senin, 30 Januari 2015 pada jam 07.30. Pada upacara tersebut, selain para peserta hadir pula Wakil Rektor-1 (WR-1) UAD, Dr. Muchlas, M.T. Sedangkan dari pihak UNY, hadir upacara pembukaan tersebut Kepala LPPMP UNY (Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. yang mewakili Wakil Rektor-1 UNY, Kepala P2KIS (Dr. Sunaryo Sunarto, M.Pd.), Sekertaris P2KIS (Dra. Lis Permana Sari, M.Si.), dan semua staf P2KIS, LPPMP, UNY.

Dalam kata sambutannya, Kepala P2KIS (Dr. Sunaryo Sunarto, M.Pd) mewakili seluruh panitia pelatihan melaporkan bahwa Pelatihan Pekerti ini diikuti oleh 25 orang dosen UAD dan merupakan peserta angkatan ke-2 di tahun 2017 ini. Dijelaskan juga dalam sambutan tersebut jadwal pelatihan, tata tertib, materi, penilaian, serta tugas-tugas yang harus dipenuhi oleh semua peserta. Dr. Sunaryo menghimbau agar para peserta dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik terutama dalam mengembangkan semua perangkat pembelajaran dan melaksanakan praktik pembelajaran. Semua kegiatan tersebut banyak memberikan manfaat bagi dosen dalam melaksanakan tugas profesinya selain sertifikat, yaitu semua produk dokumen yang dihasilkan akan sangat berguna sebagai pendukung dalam akreditasi prodi masing-masing. Di akhir sambutannya, Kepala P2KIS mohon kepada Kepala LPPMP untuk membuka Pelatihan.

Kata sambutan juga disampaikan oleh Dr. Muchlas, M.T. selaku WR-1 UAD. Dalam sambutannya WR-1 menekankan agar para dosen UAD peserta memantapkan niat yang kuat untuk menjadi dosen UAD. Sebagai dosen UAD seluruh aktivitasnya harus dibekali seluruh atribut sebagai dosen sesuai UU No. 41 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Oleh karena itu, keikutsertaan seluruh dosen UAD peserta Pelatihan Pekerti ini menjadi penting dan tidak ada alasan untuk membolos. Mengikuti pelatihan Pekerti merupakan kesempatan yang baik untuk menjadi dosen yang percaya diri karena secara vertikal memiliki kompetensi profesional dan pedagogis, selain menguasai materi perkuliahan. Selanjutnya para dosen peserta diminta untuk mengikuti kegiatan sampai tuntas dan hasilnya akan dapat berguna sebagai portofolio sekaligus bukti pencapaian kompetensi para dosen UAD.

Sebelum Pelatihan Pekerti resmi dibuka, Kepala LPPMP UNY, Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. menyampaikan sambutannya antara lain mengucapkan terima kasih atas amanah yang dipercayakan kepada UNY untuk memberi pelatihan Pekerti. Pelatihan pekerti ini bagi dosen sangat membantu baik dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma PT maupun dalam kenaikan pangkat dan jabatan. Oleh karena itu peserta diharapkan untuk aktif mengikuti semua kegiatan baik secara fisik maupun mental. Setelah mengikuti Pekerti diharapkan para dosen dapat melaksanakan perkuliahan yang membangkitkan semangat belajar mahasiswa dan mengembangkan sikapnya sebagai mahasiswa.

Setelah pelatihan dibuka, upaca pembukaan diakhiri dengan foto bersama bersama seluruh peserta dan panitia serta pihak UAD. (ismaniati)

Error | Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.