PELATIHAN PENGELOLAAN OJS DAN PENGAJUAN AKREDITASI JURNAL

Teknologi dan informasi memiliki pengaruh yang besar terhadap seluruh aspek kehidupan, termasuk pada pengelolaan dan penerbitan berkala ilmiah. Kegiatan mulai dari pengiriman artikel, pnelaahan, penerbitan dan surat menyurat serba elektronis (online, daring). Pengaruh positif sangat dirasakan, seperti pengideksan dan sitasi mejadi sangat cepat yang membawa dampak pada karya tulis.

Tak kalah penting, memperoleh status terakreditasi sebuah jurnal ilmiah menjadi dambaan setiap pengelola. Status tersebut merupakan pengakuan keilmiahan berkala ilmia. Usulan akreditasi berkala ilmiah kini semua serba online. Melihat urgensi dan dalam rangka mempersiapkan jurnal-jurnal di UNY menuju e-journal, maka pada tanggal 5 April 2016 Pusat Pengembangan Berkala Ilmiah LPPMP menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Open Journal System (OJS) dan Pengajuan Akreditasi.

Bertempat di Ruang Rapat II LPPMP, kegiatan ini dihadiri pengelola jurnal di lingkungan UNY yang terdiri dari ketua, sekretaris, anggota redaksi, dan admin. Terdapat 3 (tiga) materi yang disampaikan pada kesempatan kali ini, yaitu : (1) Persyaratan Pengajuan Akreditasi dan Evaluasi Diri, oleh Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro (Kepala Pusat Pengembangan Berkala Ilmiah LPPMP); (2) Pengelolaan  OJS oleh Dr. Sulis Triyono, M.Pd.; dan (3) Akreditasi Jurnal Online oleh Dr. Kasiyan, M.Hum (Sekretaris Pusat Pengembangan Berkala Ilmiah LPPMP).

Peserta antusias mengikuti pelatihan, dan terdapat peningkatan jumlah jurnal yang terakreditasi menjadi harapan. “Mengelola sebuah jurnal memerlukan kesabara, ketelitian, kecermatan dan pengorbanan. Tetapi, jika berhasil menerbitkan sebuah edisi dengan baik, aka nada kepuasan tersendiri. Apalagi jika dapat memperoleh status terakreditasi”, ungkap Burhan. (Marita)