Error message

  • Notice: Undefined index: type in lightbox2_field_formatter_view() (line 1051 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: image_style in lightbox2_field_formatter_view() (line 1052 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: lightbox_style in lightbox2_field_formatter_view() (line 1053 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: caption in lightbox2_field_formatter_view() (line 1078 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).

PELEPASAN KKN PPL SEMESTER KHUSUS

Ilmu yang didapatkan di kampus selama 6 semester telah banyak yang diperoleh sehingga dalam melaksanakan KKN hendaknya mahasiswa selalu membagi ilmunya pada masyarakat sekitar agar dapat dimanfaatkan, termasuk mengajarkan ketrampilan yang dimiliki dan mengamalkan ilmu yang telah didapatkan di kampus. Demikian dikatakan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA dalam pelepasan KKN-PPL Semester Khusus yang berlangsung di GOR UNY(15/7).

“Sedangkan bagi mahasiswa yang melaksanakannya, PPL merupakan sarana untuk melengkapi kompetensi yang dimiliki dengan belajar pada praktisi” kata Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA. “Selama KKN mahasiswa juga akan berlatih memanage kebutuhan fisik, sosial, emosional dan spiritual”. Rektor juga berpesan agar menjaga keselamatan dalam berkendara apabila lokasi KKN jauh dari kampus.

Menurut Ketua LPPM UNY, Dr Suyanta, kegiatan KKN akan berlangsung sejak 15 Juli hingga 15 September dan dibagi dalam 2 kelompok. ”Untuk mahasiswa kependidikan akan melakukan KKN dan PPL selama 2 bulan,” kata Dr. Suyanta ”Sedangkan mahasiswa non kependidikan akan melaksanakan KKN selama 1 bulan, sejak 1 Agustus hingga 31 Agustus”. Bagi mahasiswa kependidikan, pada hari Senin hingga kamis akan berada di lokasi PPL dan Jumat-Minggu di lokasi KKN.

KKN PPL semester khusus ini diikuti oleh 4.458 mahasiswa. Lokasinya tersebar di 12 kabupaten yaitu Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Kota Yogyakarta, Klaten, Purworejo, kota dan kabupaten Magelang serta Surakarta, Wonogiri dan Blora. Tiga tempat yang terakhir merupakan lokasi yang baru dalam rintisan, dengan menempati 428 lokasi meliputi 62 kecamatan dan 96 desa. Jumlah mahasiswa yang diberangkatkan meliputi Fakultas Ilmu Keolahragaan 427 orang, Fakultas MIPA 765 orang, Fakultas Teknik 674 orang, Fakultas Bahasa dan Seni 806 orang, Fakultas Ilmu Sosial 581 orang, Fakultas Ilmu Pendidikan 814 orang, dan Fakultas Ekonomi 391 orang. Dengan melibatkan 131 orang Dosen Pembimbing Lapangan. Pada tahun ini juga diberangkatkan 27 mahasiswa yang akan mengikuti KKN PPL di Malaysia dan Thailand.

Pelepasan KKN PPL semester khusus ditandai dengan pemukulan gong dan penyerahan secara simbolis perangkat KKN berupa kaos oleh rektor pada perwakilan peserta KKN, Erwin Endaryanta dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Nidia Sari Lestari dari Fakultas Bahasa dan Seni. Setelah itu Rektor juga berkenan melepas mahasiswa KKN di Surakarta dan Wonogiri yang berangkat menggunakan bus UNY dengan mengibaskan bendera start.(dedy)