PENCANANGAN LAB SCHOOL UNY

Sekolah Laboratorium Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sekolah yang dikembangkan oleh UNY bersama pemerintah kabupaten/kota sehingga memenuhi standar nasional pendidikan yang diperkaya untuk menghasilkan lulusan unggul sebagai wahana pendidikan, pengabdian, dan penelitian bagi dosen dan mahasiswa UNY dalam berbagai inovasi pembelajaran dan kebijakan pendidikan.

Dalam nota kesepahaman dengan pemerintah kota Yogyakarta, sekolah laboratorium UNY meliputi 14 sekolah yaitu TK Pembina Yogyakarta, TKN 2 Yogyakarta, TK Pedagogia,  SDN Tegalrejo, SDN Giwangan, SMPN 1 Yogyakarta, SMPN 7, SMAN 4, SMAN 6, dan SMAN 9 Yogyakarta. Untuk tingkat SMK adalah: SMKN 2, SMKN 5, SMKN 6, dan SMKN 7 Yogyakarta. Pencanangan sekolah laboratorium tersebut diselenggarakan di SMAN 9 Yogyakarta, Rabu, 8 Januari 2014 yang dihadiri Walikota Yogyakarta, Drs. Haryadi Suyuti dan Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. beserta jajarannya.

Menurut Ketua LPPMP, Prof. Dr. Wawan Sundawan, pendidikan di Yogyakarta terus meningkat. Oleh karena itu, UNY perlu turut serta dan memerlukan lab school untuk proses penyiapan calon guru. Sementara Kadinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Drs. Edi Heri Suasana, M.Pd. mengatakan bahwa dipilihnya beberapa sekolah di kota Yogyakarta untuk lab school UNY tersebut tidak ada yang termasuk kategori papan atas.

“Sekolah biasa akan menjadi luar biasa karena campur tangan UNY,” kata Drs. Edi Heri Suasana, M.Pd. “Inilah salah satu sebab kami memilihkan beberapa sekolah yang bukan kategori papan atas.”

Walikota Yogyakarta, Drs. Haryadi Suyuti menyambut baik adanya lab school ini karena akan dapat mencetak guru profesional dan membangun sekolah biasa menjadi sekolah favorit.

 Sementara Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. menyebutkan bahwa membangun lab school adalah salah satu penegasan komitmen UNY di mana UU Guru dan Dosen merupakan pendorong lahirnya lab school. “Dinas mempersiapkan man, money, dan material sedangkan UNY mempersiapkan sisi akademiknya,” kata Rektor.

Kerjasama UNY dengan Pemkot Yogyakarta ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penayangan profil sekolah laboratorium. (dedy)