Error message

  • Notice: Undefined index: type in lightbox2_field_formatter_view() (line 1051 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: image_style in lightbox2_field_formatter_view() (line 1052 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: lightbox_style in lightbox2_field_formatter_view() (line 1053 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: caption in lightbox2_field_formatter_view() (line 1078 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).

PENERIMAAN DAN ORIENTASI MAHASISWA MALAYSIA DI UNY

upacara penerimaan dan orientasi UTM

Pusat PPL-PKL LPPMP UNY bekerjasama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan bagi mahasiswa. Dalam kerjasama yang sudah terjalin selama 2 tahun terakhir ini, kedua universitas (UNY dan UTM) melakukan pertukaran mahasiswa KKN-PPL antar negara. Tahun ini, 11 orang mahasiswa UTM yang terdiri dari mahasiswa jurusan Bahasa Inggris, Binaan Bangunan, Olahraga, MIPA Kimia dan MIPA Fisika akan melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) selama 3 minggu, mulai 27 Februari hingga 18 Maret 2013 di SMAN 3, SMAN 8, dan SMKN 2 Depok Yogyakarta.

Upacara Penerimaan dan Orientasi Mahasiswa dilaksanakan pada Selasa (25/2). Mahasiswa UTM beserta Dosen Pembimbing disambut oleh Wakil Rektor IV UNY, Prof. Suwarsih Madya, Ph.D., Wakil Rektor III, Dr. Sumaryanto, M.Kes, Sekretaris LPPMP, Prof. Dr. Suwarna, M.Pd, dan Kepala Pusat Layanan PPL-PKL beserta Sekretaris,  Ngatman Suwito, M.Pd dan Eko Widodo, M.Pd. Dalam sambutannya, Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. terkesan dengan perbedaan bahasa yang terjadi meskipun pada dasarnya kedua negara sebenarnya serumpun. “Dengan adanya perbedaan bahasa ini, belajar berinteraksi antara satu dengan yang lain akan semakin meningkatkan intercultural-competence.” kata Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. “Hal ini sangat positif mengingat akan dilaksanakannya AFTLA (Asian Free Trade and Labour Area) pada 2015 mendatang.” tambahnya.

Setelah upacara penerimaan dan orientasi tersebut, peserta diberi arahan oleh Ngatman Suwito, M.Pd mengenai tahap-tahap PPL dari persiapan, pelaksanaan hingga pembuatan laporan. Kemudian peserta diajak untuk mengikuti Campus Tour dan City Tour untuk mengenalkan Kampus UNY dan Kota Yogyakarta pada umumnya. Selama pelaksanaan PPL ini, selain mengajar, peserta juga akan mengikuti workshop dan kegiatan pengenalan budaya Indonesia di kampus UNY. (bin)