Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI)

          Merujuk Permenristekdikti N0. 44 tahun 2015 tentang standar pendidikan tinggi, standar proses memberi tekanan bahwa pengelolaan perkuliahan pada Student Centered Learning. Pelatihan PEKERTI akan membekali pengetahuan dan keterampilan Dosen dalam mengimplementasikan Permenristekdikti tersebut. Sehubungan dengan hal ini, Pusat Kurikulum, Instruksional dan Sumber Belajar (P2KIS) mengadakan PELATIHAN PEKERTI bagi Dosen UNY.

          Upacara pembukaan pelatihan PEKERTI kali ini dibuka oleh Wardan Suyanto, M.A.,Ed.D. selaku Wakil Rektor 1 UNY, yang dihari pula oleh: Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. sebagai Ketua LPPMP, Prof. Dr. Drs. Suwarna, M.Pd. sebagai sekretaris LPPMP, Dr. Sunaryo Soenarto, MPd. sebagai Kepala P2KIS, Panitia serta 21 dosen UNY peserta pelatihan PEKERTI.

          Dalam laporan penyelenggara yang disampaikan oleh Dr. Sunaryo Soenarto, MPd, Pelatihan PEKERTI diikuti 21 Orang Dosen UNY dari 7 Fakultas. Ketua P2KIS menekankan perlunya sejak dini memberikan mindset kepada dosen yunior untuk berkiprah dalam menyiapkan perangkat akreditasi program studi. Untuk itu, strategi yang dikembangkan dalam pelatihan PEKERTI didesain dua tahapan, yaitu tahapan tatap muka 1 s.d 8 Agustus 2016 dan tahapan paska pelatihan 9 s.d 23 Agustus 2016. Dalam tahapan tatap muka peserta diberikan pemahaman dalam menrencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran sesuai standar proses pembelajaran. Sedangkan pada tahapan paska pelatihan setiap peserta wajib menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri dari: Analisis capaian pembelajaran, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Satuan Acara Pembelajaran (SAP), Kisi-kisi Pengembangan Penilaian, serta Instrumen Penilaian perkuliahan (berupa tes obyektif dan tes uraian). Kelima perangkat pembelajaran tersebut memberikan kebermanfaatan ganda. Pertana sebagai tugas mandiri pelatihan PEKERTI. Kedua sebagai dokumen akademik yang akan memberikan akan memberikan kontribusi unggul dalam menyiapkan borang akreditasi program studi untuk standar 5: Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik.

          Wakil Rektor 1 Universitas Negeri yogyakarta (UNY), Wardan Suyanto, M.A.,Ed.D. ketika memberikan sambutan kepada para peserta pelatihan PEKERTI mengungkapkan bahwa Pelatihan PEKERTI ini merupakan kesempatan yang baik bagi para dosen UNY untuk meningkatkan keterampilan mengajar dalam perkuliahan walaupun masih bersifat dasar. Sebagai dosen, para dosen diharapkan lebih bersemangat dan student centered dalam melaksanakan pembelajaran. Tidak ada satu metode pun yang cocok untuk semua mahasiswa dan semua materi, melainkan dosen harus menggunakan multimetode dalam pembelajaran. Para dosen harus menjadi contoh bagi para mahasiswa ketika mengajar, karena di kelak kemudian hari cara mengajar dosen akan dicontoh oleh mahasiswa lulusan UNY ketika mengajar. Ada suatu penelitian yang menunjukkan bahwa ada suatu sekolah yang selalu lebih baik proses pembelajarannya, siswa-siswanya aktif, dan hasil belajar siswa-siswa tersebut muridnya baik-baik semua. Setelah diteliti ternyata guru di sekolah itu mayoritas para gurunya alumni UNY. Oleh karena itu, para dosen peserta PEKERTI diharapkan dapat mengikuti pelatihan PEKERTI dengan sungguh-sungguh dan aktif dalam mengikuti pelatihan. (rifqi)

Error | Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.