Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional untuk Dosen Aisyiah

.Tugas utama dosen adalah mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Dalam melaksanakan tugas tersebut setiap dosen perlu memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja dosen adalah melalui kegiatan PEKERTI (Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional) yang diselenggarakan oleh LPPMP UNY.
Kali ini Peserta PEKERTI adalah Dosen-dosen STIKES AISYIYAH. Resmi dibuka pada Senin, (3/9) di Kantor LPPMP UNY, sejumlah 134 peserta akan mengikuti pelatihan yang dilaksanakan pada 3-28 September dan terbagi dalam 6 gelombang.

Acara diawali dengan laporan kegiatan oleh Ketua Panitia Dr. Sridadi. Kemudian dilanjukan dengan sambutan dari ketua LPPMP Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa LPPMP akan melayani peserta PEKERTI dengan sebaik-baiknya agar seluruh peserta dapat secara optimal menyerap seluruh materi yang diajarkan.

Kemudian dari pihak STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta, Warsiti, S.Kp.,M.Kep.,Sp.Mat menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan rutin program studi DIV Bidan Pendidik sebagai upaya meningkatkan profesionalisme seorang pendidik/dosen. Beliau berharap para alumni/lulusan prodi DIV Bidan Pendidik mampu memahami dasar dalam mengajar, mengembangkan teknik-teknik dasar instruksional sehingga ketika mengajar nantinya akan lebih terstruktur.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Pembantu Rektor I Universitas Yogyakarta, Prof Nurfina Aznam, Su., Apt. “Kami berharap kerjasama ini semakin kokoh dan bersama sama untuk memikirkan pendidikan bangsa ini. Seorang dosen selain memberikan ilmu akademik dituntut pula memberikan pembelajaran menganai karakter, moral, etika dan sebagainya.” Sambut ibu Nurfina yang kemudian sekaligus secara resmi membuka acara pada senin pagi kemarin.

Selama kegiatan PEKERTI ini para peserta akan mendapatkan materi-materi pendidikan sebagai sistem, strategi peningkatan kualitas Pendidikan Tinggi, paradigma baru pembelajaran dan implikasinya dalam pengembangan kurikulum, pembelajaran, dan evaluasi, Model Quality Assurance dalam pembelajaran, pembelajaran orang dewasa, paradigma konstruktivisme dalam pembelajaran, pengembangan kurikulum, teori belajar dan motivasi, taksonomi tujuan pembelajaran dan analisis kompetensi, model-model pembelajaran, metode-metode pembelajaran, media pembelajaran, pembelajaran berbasis ICT, penilaian hasil belajar, konsep dasar penilaian pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, dasar-dasar komunikasi dan keteram-pilan dasar mengajar, team teaching, praktikum, praktek pengajaran mikro, penelitian untuk peningkatan kualitas pembelajaran di Perguruan Tinggi.

Tags: 
Error | Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.