Pusat Pengembangan Karir Setudy Banding ke CDC UI dan Jobstreet Jakarta

.Jumat, 8 September 2012 Pusat Pengembangan Karir UNY, yang terdiri dari Minta Harsana,M.Sc, Rosita Endang Kusmaryani,M.Si dan Dani Hendra Kristiawan,S.Pd.T. melakukan studi banding ke Universitas Indonesia(UI). Tim diterima di Career Development Center Universitas Indonesia (CDC UI), Jum’at, 8september 2012. Di UI, tim bertemu dengan Kepala Direktorat Hubungan alumni Career Development Center, drg. Sandra Fikawati dan koleganya, Dian Ovita Triyanti selaku devisi rekruitmen, Rahmadtulloh selaku devisi Tracer study.Sebagaimana diketahui tahun 2012 PPK UNY mendapatkan hibah kompetisi Tracer study Tujuan study banding ke UI karena institusi itu dikenal memiliki ikatan alumni dan career development center (CDC) yang bagus. Banyak hal yang dipelajari oleh tim saat melakukan benchmarking atau studi banding ke CDC UI.

Minta harsana selaku ketua pusat pengembangan karir UNY mengatakan,”Banyak hal yang perlu kita pelajari untuk membangun sebuah sistem tracer study yang handal di PPK UNY. Dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi dengan Para Dekan dan Kajur untuk mendapatkan informasi tentang alamat atau nomor kontak alumni. Dari sini kami akan menghubungi para alumni dan meminta mereka untuk mengisi kuesioner yang sudah dirancang  sedemikian rupa hingga diperoleh data-data mulai dari data kelulusan hingga data penghasilan dan harapan kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan. Rancangan awal kuesioner tracer study yang kami buat. Namun kami yakin itu masih perlu dibenahi, tentunya menyesuaikan dengan hasil studi nanti,”. Dampak instusional yang ingin dihasilkan dari kegiatan adalah terbangunnya sistem tracer study yang efisien dan efektif. Sistem yang demikian diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan mahasiswa, juga dapat meningkatkan citra institusi. Dengan demikian maka harapannya animo mahasiswa baru akan meningkat, dan ini sangat penting bagi sustainability institusi.

Dari hasil perbincangan dengan tim tracer study, diperoleh informasi bahwa penanganan alumni di UI sangat baik. Di UI, alumni sangat berperan dalam meningkatkan iklim akademik bahkan sampai ke dukungan finansial misalnya alumni berpartisipasi dalam pengembangan unit-unit usaha di  CDC UI menyiapkan alumninya dengan menngadakan kegiatan kelas ekstra kurikuler, yaitu “Soft skills awareness program”. Program ini terdiri dari dua belas kali pertemuan dengan materi mulai dari Mengenal Soft Skills, Menyelesaikan Konflik, Membuat Prioritas Tugas, hingga mempresentasikan Ide. “Ya, sedikit demi sedikit kita kembangkan hal-hal tersebut di UNY. InsyaAllah dengan semangat dan rasa optimisme UNY akan  jadi lebih baik dan lebih baik lagi”, ungkap minta harsana,menutup perbincangan.

Tujuan kedua yaitu jobsteet.com karena sudah mempunyai banyak pengalaman dalam menyelenggarakan kegiatan rekruitmen dan  job fair, dimana nanti pada bulan Nopember 2012 UNY akan mengadakan job fair.

Error | Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.