Pusat Penjaminan Mutu LPPMP Gelar Lokakarya Pengisian Borang Akreditasi

Akreditasi adalah pengakuan dan penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan tentang kelayakan dan kinerja suatu lembaga pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang kemudian hasilnya berbentuk pengakuan peringkat kelayakan. Proses akreditasi dimulai dengan pengisian borang, pelaksanaan evaluasi diri dan penyusunan laporannya, pengiriman borang dan sebagai bukti pendukung ke BAN-PT dan vistasi asesor BAN-PT ke lembaga pendidikan.

Penjaminan Mutu LPPMP mengadakan lokakarya pengisian program studi pada Kamis dan Jum’at, 4 – 5 Februari 2016. Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang 210 Gedung LPPMP ini dibuka oleh Wakil Rektor I, Drs. Wardan Suyanto, M.A., Ed.D. Dilanjutkan dengan sambutan oleh plt. Ketua LPPMP, Prof. Dr. Suwarna, M.Pd. “Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat menigkatnkan pemahaman task force dan pengelola prodi terhadap prosedur/proses pengajuan akreditasi dan pengisian borang akreditasi”, ungkap Suwarna

Lebih dari 80 orang hadir pada acara ini, terdiri dari perwakilan 22 prodi yang terdiri dari 7 fakultas dan program pasca sarjana di UNY dan 4 orang taskforce. Selama dua hari peserta mendapatkan pembekalan dalam pengisian borang standar 1 – 7 dari assessor yang sudah ditunjuk. Mereka adalah Dr. Mukminan, Dr. Djamilah Bondan W., M.Si., Dr. rer. nat. Senam, Dr. Samsul Hadi, dan Dr. Hari Sutrisno.

Assessor membahas tata cara, teknis, dan strategi mengenai borang akreditasi program studi agar sesuai standar.  Penjelasan dari assessor tidak hanya pada pengisian borang saja, tetapi termasuk juga cara pengajuan borang akreditasi program studi yang telah terisi, dan strategi penerimaan Tim Asesor dari BAN-PT.

Peserta pada setiap sesi materi peserta lokakarya tampak antusias dan aktif mengikuti kegiatan selama dua hari ini. Bahkan pasca kegiatan, terdapat peserta yang langsung mengajukan konsultasi pengisian borang. “Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, semoga nilai akreditasi prodi dapat meningkat”, ungkap Djamilah.

Error | Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.