Error message

  • Notice: Undefined index: type in lightbox2_field_formatter_view() (line 1051 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: image_style in lightbox2_field_formatter_view() (line 1052 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: lightbox_style in lightbox2_field_formatter_view() (line 1053 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).
  • Notice: Undefined index: caption in lightbox2_field_formatter_view() (line 1078 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/lightbox2/lightbox2.module).

Seminar Nasional Tracer Study dalam Rangka Dies Natalis UNY ke-50

Selasa, 22 April 2014, Pusat Pengembangan Karir LPPMP UNY menyelenggarkan Seminar Nasional Tracer Study dalam rangka Dies ke-50 Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam seminar ini PPK LPPMP mengundang dua orang narasumber dari Tim Pusat karir dan Tracer Study Dikti, Ahmad Syafiq, Ph.D dan Dr. Sandra Dewi, MPH.

Ahmad Syafiq, Ph.D pada sesi pertama membahas “Urgensi Tracer Study dalam Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia”. Secara singkat Ahmad Syafiq memaparkan bahwa tracer study sangat ‘urgent’ diperlukan karena perubahan dan globalisasi yang sangat cepat dan berskala besar,dan posisi dan peran bangsa dalam peta geo-intelektual budaya-peradaban dunia. Peran dari tracer study adalah sebagai sumber data terpenting bagi pengembangan pendidikan tinggi terkait dengan relevansi pendidikan, dan dapat mencakup pertanyaan-pertanyaan untuk evaluasi perguruan tinggi yang cukup luas.

Menyambung Ahmad Syafiq, Ph.D, pada sesi kedua Dr. Sandra Fikawati, MPH memaparkan topik “Standarisasi Tracer Study Perguruan Tinggi di Indonesia”. Dalam penjelasannya, Dr. Sandra mengatakan bahwa data selain bahwa data lulusan perguruan tinggi diperlukan guna menyelaraskan program pendidikan dengan dunia kerja, tracer study juga adalah suatu bentuk tanggung jawab perguruan tinggi terhadap masyarat, sehingga perguruan tinggi perlu melacak para lulusannya untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan keterampilan yang didapat lululsan memudahkan dalam proses transisi dan ketika mereka bekerja.

Dalam seminar yang berlangsung setengah hari ini, pesertanya adalah peserta undangan perwakilan dari 38 Perguruan Tinggi di Indonesia dan juga perwakilan dari CDC (Career Development Centre) dari masing-masing Universitas.  Hadir membuka seminar nasional ini, Rektor UNY Prof.Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, M.A,  “Saya harap melalui seminar ini dapat memperluas wawasan kita dalam meningkatkan kinerja universitas” ucapnya. Sudah banyak universitas yang maju yang memberi perhatian khusus pada tracer study. “Tracer Study merupakan kata kunci dan penting untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan di sebuah perguruan tinggi” tegasnya.