Sosialisasi Rencana KKN-PPL Terpadu di Kota Magelang tahun 2013

Kegiatan KKN-PPL adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun oleh hampir semua lembaga pendidikan setingkat universitas di Yogyakarta. Kegiatan ini pada umumnya dilaksanakan selama 3 bulan tiap tahunnya. Banyaknya mahasiswa yang diterjunkan ke lokasi, kadang sekolah, lembaga maupun institusi harus menampung mahasiswa yang jumlahnya terlalu banyak. Hal ini terjadi karena pada umumnya jadwal pelaksaan KKN-PPL hampir bersamaan.  Sehingga diindikasikan sekolah, lembaga maupun institusi tujuan KKN-PPL mengalami kejenuhan.

Melihat situasi tersebut, Pusat PPL dan PKL LPPMP UNY mencoba melakukan perluasan area tujuan KKN-PPL UNY. Selain untuk mengatasi masalah kejenuhan lokasi tujuan, Selain itu, perluasan ini juga dimaksudkan untuk memfasilitasi prodi-prodi di UNY yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan lokasi KKN-PPL terpadu. Prodi tersebut meliputi Jurusan Seni Musik, Bahasa Perancis, Bahasa jerman, dan Prodi-prodi Fakultas Teknik.

Area baru yang rencananya akan dipakai sebagai lokasi KKN-PPL adalah Kota Magelang. Setelah 5 September lalu Sekretaris LPPMP Prof. Dr. Suwarna, M.Pd bersama Kepala Pusat PPL-PKL Drs. Ngatman Suwito, M.Pd bertamu ke Dinas Pendidikan Kota Magelang untuk menanda-tangani MOU pelaksanaan KKN-PPL di Kota Magelang, pada hari Rabu 10 Oktober 2012 besok, Pusat PPL-PKL LPPMP akan mengadakan sosialisasi Rencana KKN-PPL Terpadu di Kota Magelang tahun 2013.

Bertempat di Dinas Pendidikan Kota magelang, pembicara pada acara tersebut adalah Prof. Dr. Suwarna, M.Pd dan Drs. Ngatman Suwito, M.Pd yang akan membahas mengenai KKN-PPL sebagai wadah pengembangan dan peningkatan kompetensi guru dan menjelaskan mekanisme KKN-PPL Terpadu di Sekolah, Lembaga dan Institusi. Dengan diadakan sosialisasi ini diharapkan menjadi sebuah solusi yang efektif untuk menjaga kualitas pelaksanaan KKN-PPL terpadu UNY. (bin)