Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Populer

Menulis merupakan keterampilan yang mensyaratkan penguasaan bahasa yang baik. Menulis juga dianggab sebagai salah satu keterampilan berbahasa diakui oleh umum. Salah satu contohnya adalah adanya PERMENPAN No 16 tahun 2009, bahwa untuk naik pangkat mulai ke IIIB harus menggunakan karya ilmiah.Untuk menulis sebuah karya ilmiah, penulis harus menguasai kaidah tata tulis, yakni ejaan, dan kaidah tata bahasa, morfologi dan sintaksis artikel ilmiah. Sehubungan dengan hal itu LPPMP mengadakan workshop penulisan artikel ilmiah yang kali ini dikhususkan untuk guru SD, SMP dan SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pembukaan acara dengan ketua panitia Yuliati, M.Kes  ini dilaksanakan pada 20 Juni 2013, di LPPMP UNY. Dibuka oleh Ketua LPPMP Prof. Dr. Wawan S Suherman, M.Ed, “Workshop ini diadakan sebagai bentuk upaya LPPMP dalam memfasilitasi peserta untuk menuangkan buah pemikirannya dengan tata cara yang baik dan benar.”, ucap beliau. Peserta akan mendapatkan pembekalan berupa materi pada pertemuan pertama, kemudian dilanjutkan dengan proses penulisan artikel oleh peserta dengan bimbingan dari dosen selama 2 minggu dan diakhiri dengan tutorial pada 3 Juli 2013. Sehingga jumlah jam yang dilalui peserta workshop adalah 104 jam dengan produk berupa artikel ilmiah populer hasil karya peserta.

Pemateri pada pembekalan materi dihari pertama adalah Perwakilan dari DIKPORA Daerah Istimewa Yogyakarta, Drs. Wiji Suparno, M.Phil yang membahas Penulisan Artikel Ilmiah Populer untuk penilaian angka kredit, kemudian dilanjutkan oleh Prof.Dr. Suwarna, M.Pd dan Sumaryadi, M.Pd dengan materi Menulis Karya ilmiah dan Gaya Selingkung.

Workshop yang menargetkan peserta dari daerah sekitar DIY ini rupanya menuai perhatian dari guru-guru dari luar daerah, dimana dengan jumlah total peserta 54 orang, diantaranya bahkan ada peserta yang berasal dari Solo, Ngawi, Magelang, Klaten, bahkan dari Pontianak, Kalimantan.

Error | Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.