TUTORIAL/PEMBIMBINGAN PENGEMBANGAN KARYA ILMIAH/PTK GURU-GURU SMA NEGERI 1 WONOSARI YOGYAKARTA TAHUN 2012

 

Banyak guru-guru sekolah, baik tingkat menengah maupun dasar, mengalami kesulitan dalam mengembangkan karir kependidikannya walaupun sebagian besar mereka telah memiliki sertifikat pendidik sebagai tenaga profesional.  Pengembangan profesi dan karir merupakan dua hal yang berbeda.  Pengembangan profesi bagi guru telah ditempuh baik melalui penilaian portofolio, PLPG maupun PPG.  Bukti raihan profesi mereka adalah sertifikasi sebagai tenaga profesional, yang ditindaklanjuti dengan pemberian tunjangan profesi.

Pengembangan karir guru-guru tidak semacam dengan pengembangan profesi.  Dalam pengembangan karir, guru dipersyaratkan salah satunya dengan mengembangan karya tulis ilmiah, sehingga  banyak guru terhambat di puncak karir golongan ruang IV-a  untuk promosi ke IV-b. Oleh karena itu, Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Yogyakarta (LPPMP UNY) menlaksanakan kegiatan tutorial/pembimbingan pengembangan karya ilmiah/PTK.

Pada kegiatan tutorial/pembimbingan pengembangan karya ilmiah kali ini diikuti oleh 12 orang guru dari SMAN 1 Wonosari, dengan rencana pelaksanaan setiap hari sabtu selama 6 pertemuan dari Oktober hingga November 2012. Setelah kegiatan ini diharapkan guru-guru SMAN 1 Wonosari dapat mengajukan kenaikan pangkat golongannya yang lebih tinggi dengan melengkapi salah syarat yaitu dokumentasi karya ilmiah dalam PTK.