TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS BER-EKUIVALENSI DENGAN TOEFL BAGI MABA UNY TAHUN 2012

.

Nilai tes TOEFL (tes kemampuan bahasa inggris) sudah menjadi salah satu syarat untuk lolos dalam berbagai seleksi, mulai dari seleksi masuk sekolah atau perguruan tinggi sampai seleksi penerimaan pegawai di suatu lembaga, institusi maupun perusahaan. Meskipun demikian, masih banyak mahasiswa yang mengaku kesulitan untuk mencapai skor minimal yang disyaratkan oleh sekolah, universitas maupun perusahaan.

Melihat masalah tersebut Pusat Bahasa LPPMP UNY mengadakan tes kemampuan bahasa inggris ber-ekuivalensi dengan TOEFL bagi maba UNY tahun 2012. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris mahasiswa UNY khususnya nilai TOEFL mereka. Dengan jumlah peserta sebanyak 6022 mahasiswa termasuk 108 mahasiswa kerjasama dari daerah Malinau, Sumatera Selatan dan Mentawai, acara ini dibagi menjadi dua tahap dan dua tempat yaitu tahap 1 Sosialisasi dan Simulasi Tes kemudian tahap 2 Pelaksaan Tes Kempuan bahasa Inggris yang ber-ekuivalensi dengan TOEFL. Bertempat di LPPMP UNY dan Kampus Wates UNY.

Tahap 1 dilaksanakan pada tanggal 22 Sept – 7 Okt(Sabtu dan Minggu) di LPPMP UNY dan tanggal 3-10 November di Kampus Wates. Di tahap 1 peserta diperkenalkan seluk-beluk TOEFL dan diberikan bahan latihan berupa Modul, Lembar Soal, File Audio (listening) dan transkrip listening. Dengan harapan agar peserta dapat berlatih sendiri di rumah dengan menggunakan modul yang sudah diberikan. Kemudian Tahap 2 dilaksanakan tanggal 13 Oktober – 11 November. Pada tahap ini mahasiswa mengikuti tes kemampuan bahasa inggris yang ber-ekuivalensi dengan TOEFL.

Tahap sosialisasi dan Simulasi Tes tahun ini adalah kali pertama dilaksanakan di UNY. Pada tahun sebelumnya hanya ada Tes saja tanpa kegiatan sosialisasi dan simulasi. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan TOEFL kepada mahasiswa baru,kemudian dengan mengikuti simulasi tes TOEFL diharapkan dapat menambah pengalaman mereka dalam mengikuti tes ini. (bin)

Tags: