Lokakarya Penyusunan Laporan Evaluasi Diri Program Studi,PPs dan Fakultas

Kamis dan Jumat, 11-12 Juli 2013, Pusat Penjaminan Mutu (PENJAMU) LPPMP UNY mengadakan Lokakarya penyusunan laporan evaluasi diri program studi,PPs dan Fakultas. Acara ini adalah sebagai kelanjutan dari lokakarya penyiapan pengisian borang akreditasi program studi, fakultas dan Program Pascasarjana yang diadakan bulan Juni lalu.

Bertempat di Gedung LPPMP, peserta sebanyak 200 orang mengikuti acara ini mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Diawali dengan laporan ketua panitia, Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T. ”Peningkatan akreditasi program studi akan berdampak pada kualitas lembaga secara luas,oleh karena itu sosialisasi penyusunan hal-hal yang terkait dengan borang perlu diberikan”ucapnya.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan wakil rektor I Wardan Suyanto, Ed.D. “Upaya penjaminan mutu dengan kegiatan ini sangat kami apresiasi”, ucapnya.   Pusat Penjaminan Mutu mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis dan penjaminan mutu pendidikan. Terkait dengan hal tersebut beliau berpesan bahwa akreditasi tidak akan terjadi tanpa dukungan dari seluruh pihak. “Bukan hanya akreditasi, melainkan juga sistem pelayanan kepada masyarakat juga harus diperhatikan agar masyarakat dapat dilayani dengan sebaik-baiknya”, tambahnya.

Pembicara dalam acara ini adalah Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si., Dr. rer. nat. Senam, M.Si., Dr. Heru Kuswanto,M.Si., Prof. Dr. Haryadi, M.Pd., Dr. dr. B.M. Wara Kushartanti, MS. Materi yang diberikan mengenai Evaluasi Mutu Internal, instrumen dan rubrik EMI, akurasi dan kelengkapan data serta informasi yang digunakan untuk menyusun laporan evaluasi diri prodi dan penilaiannya, Kualitas analisis yang digunakan untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah pada semua komponen evaluasi diri prodi dan penilaiannya, strategi pengembangan dan perbaikan program studi dan penilaiannya, keterpaduan dan keterkaitan antar komponen evaluasi diri prodi dan penilaiannya, hingga praktek penyusunan matriks SWOT.