PEKERTI bagi TNI AU Angkatan 14

Upaya peningkatan kompetensi dan sikap profesional dosen di lingkungan TNI Angkatan Udara (TNI-AU) senantiasa dilakukan. Hari ini, Senin-Jumat, tanggal 6-10 Februari 2017, para dosen di lingkungan TNI-AU Angkatan ke-14 berjumlah 25 orang mengikuti Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) di Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Pelatihan Pekerti bagi dosen TNI-AU Angkatan ke-14 ini diselenggarakan di Ruang Rapat-2, Gedung LPPMP, UNY. Upacara Pembukaan dilaksanakan pada hari pertama, Senin, 06 Februari 2017 pada jam 07.30. Upacara dibuka oleh Rektor UNY didampingi Ka LPPMP-UNY, Ka-P2KIS, dan Koordinator Dosen dan Instrukur AAU, Kolonel Lek. Sudarmin, SE. M.M., beserta staff, serta seluruh peserta  selain hadir pula Sedangkan dari pihaki  UNY, hadir upacara pembukaan tersebut Kepala LPPMP UNY (Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd.), Kepala P2KIS (Dr. Sunaryo Sunarto, M.Pd.), Sekertaris P2KIS (Dra. Lis Permana Sari, M.Si.), dan semua staf P2KIS, LPPMP, UNY.

Dalam kata sambutannya, Kepala P2KIS (Dr. Sunaryo Sunarto, M.Pd) mewakili seluruh panitia pelatihan melaporkan bahwa Pelatihan PEKERTI ini diikuti oleh 25 orang dosen TNI-AU Angkatan ke-14. Dijelaskan juga dalam sambutan tersebut jadwal pelatihan, tata tertib, materi, penilaian, serta tugas-tugas yang harus dipenuhi oleh semua peserta. Dr. Sunaryo menghimbau agar para peserta dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik terutama dalam mengembangkan semua perangkat pembelajaran dan melaksanakan praktik pembelajaran. Semua kegiatan tersebut banyak memberikan manfaat bagi dosen dalam melaksanakan tugas profesinya selain sertifikat, yaitu semua produk dokumen yang dihasilkan akan sangat berguna sebagai pendukung dalam akreditasi prodi masing-masing. Di akhir sambutannya, Kepala P2KIS mohon kepada Kepala LPPMP untuk membuka Pelatihan.

Sambutan juga disampaikan oleh Gubernur TNI AAU yang diwakili oleh Kolonel Lek. Sudarmin, SE., M.M. antara lain bahwa para dosen sebagai pendidik yang, mendesain dihormati hendaknya memenuhi dan meningkatkan keterampilannya dalam merancang, melaksanakan, dan menilai pembelajaran sebagaimana diamanatkan dalam UU Guru dan Dosen, serta Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Oleh karena itu, Kol. Sudarmin Pelatihan PEKERTI dan AA itu penting untuk meningkatkan kompetensi dosen, peningkatan mutu perkuliahan, dan kepuasan kerja.

Kata sambutan juga disampaikan oleh Rektor UNY, Prof.Dr. Rohmat Wahab, M.Pd. MA . Dalam sambutannya Rektor mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada LPPMP, UNY untuk memberikan pelatihan Pekerti bagi para dosen dan instruktur di lingkungan TNI AU. Di UNY, setiap Senin pagi jam 7.30 dikumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam upaya mendidik karakter civitas akademika generasi muda. Melalui perkuliahan, dosen bukan hanya menyampaikan pengetahuan, namun harus mengintegrasikan nilai-nilai karakter, seperti: taqwa, mandiri, cendekia, dan nilai-nilai lainnya. Seluruh dosen harus bekerja profesional sesuai UU No. 41 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Oleh karena itu, keikutsertaan seluruh dosen peserta Pelatihan Pekerti ini menjadi penting. Mengikuti pelatihan Pekerti merupakan kesempatan yang baik untuk menjadi dosen agar percaya diri karena memiliki kompetensi profesional dan pedagogis, selain menguasai materi perkuliahan. Selanjutnya para dosen peserta diminta untuk mengikuti kegiatan sampai tuntas dan hasilnya akan berguna sebagai portofolio sekaligus bukti pencapaian kompetensi para dosen dan instruktur di lingkungan TNI-AU. (ismaniati)