PEKERTI bagi UAD Gelombang 1 Tahun 2019

.

Hari ini, Senin tanggal 28 Januari 2019 telah dilaksanakan Upacara Pembukaan Bimtek Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen UAD di Ruang Rapat-2 Gedung LPPMP UNY. Selain dihadiri oleh seluruh peserta, Upacara Pembukaan juga dihadiri oleh Wakil Rektor-1 UAD, Bapak Dr. Muchlas, M.T., Kepala LPPTK UAD dan Wakil Rektor Bidang-2 UNY, Bapak Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd., Bapak Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. dan Bapak Prof. Dr. Suwarno, M.Pd. selaku Ketua dan Sekertaris LPPMP UNY, Kepala P2KIS LPPMP UNY, Bapak Dr. Soenaryo Sunarto, M.Pd. dan Sekertaris P2KIS LPPMP UNY, Ibu R.R. Lis Permana Sari, M.S., perwakilan narasumber, serta Kabag T.U. dan seluruh staff terkait di lingkungan LPPMP UNY.

Upacara Pembukaan Bimtek PEKERTI diawali dengan doa pembukaan dilanjutkan dengan penyampaian Laporan Pelaksana yang disampaikan oleh Kepala P2KIS, Bapak Dr. Sunaryo Soenarto, M.Pd. Acara dilanjutkan dengan sambutan Rektor UAD yang diwakili oleh Wakil Rektor-1, Bapak Dr. Muchlas, M.T. dan dilanjutkan sambutan Rektor UNY yang diwakili oleh Wakil Rektor-2, Bapak Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd. sekaligus membuka kegiatan Bimtek PEKERTI. Upacara Pembukaan diakhiri dengan doa penutup dan foto bersama.

Dalam sambutannya, Kepala P2KIS LPPMP UNY menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan lembaga UAD kepada UNY, dalam hal ini P2KIS LPPMP, untuk penyelenggaraan Bimtek PEKERTI. Selanjutnya dilaporkan juga bahwa Bimtek PEKERTI kali ini diikuti oleh 27 orang peserta yang terdiri atas 25 orang dosen berbagai prodi di UAD Yogyakarta dan dua (2) orang dosen dari Universitas Sulawesi Barat dan IAI-DDI Polewali Mandar, Sulawesi. Kepala P2KIS juga menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek PEKERTI dilaksanakan selama lima hari sesuai jadwal, dengan jumlah waktu tatap muka sebanya 56 jam. Selain kegiatan tatap muka yang diakhiri dengan kegiatan Simulasi Mengajar, peserta diharapkan menyusun dan menyerahkan Tugas Akhir Bimtek dalam waktu maksimal dua minggu  setelah pelaksanaan Simulasi Pembelajaran. Tugas-tugas tersebut adalah: Peta Capaian Pembelajaran, RPS, dua Satuan Acara Perkuliahan (SAP), Kisi-kisi Penilaian, dan Contoh Soal-UAS dari RPS yang digunakan dalam tugas akhir tersebut.

Bapak Dr. Mukhlas, M.T. dalam sambutannya mewakili Rektor UAD menekankan akan pentingnya para dosen UAD harus menguasai empat (4) kompetensi sebagai dosen/guru profesional. Terkait tugas yang terkait dengan pelaksanaan proses pembelajaran, dosen UAD perlu menguasai dengan sangat baik kompetensi pedagogik agar dapat memberikan layanan atau memfasilitasi belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran sesuai dengan kemajuan IPTEKS dan karakteristik abad Revolusi Industri 4.0 ini.  Agar para dosen UAD profesional dalam melaksanakan tugas profesinya, maka UAD mewajibkan seluruh dosen, terutama dosen yang berlatarbelakang bukan  lulusan LPTK, untuk mengikuti program Bimtek Pekerti di UNY. Pertimbangan dipilihnya UNY sebagai lembaga mitra dalam pelaksanaan Bimtek Pekerti bagai dosen UAD, menurut WR-1 UAD adalah karena UNY merupakan salah satu lembaga terbaik di Indonesia, bahkan Asia Tenggara dan menuju World Class University yang sebelumnya merupakan LPTK yang memiliki kredibilitas dan kualitas  yang sangat baik, khususnya dalam perancangan dan pelaksanaan pembelajaran berkualitas.  Oleh sebab itu para dosen diharapkan untuk dapat mengikuti seluruh kegiatan Pekerti dengan baik dan disiplin agar setelah mngikuti Bimtek Pekerti para dosen peserta bukan hanya meningkatkan kualitas pembelajaran/perkuliahan tetapi juga melaksanakan penelitian-penelitian pembelajaran, menulis jurnal-jurnal ilmiah untuk kenaikan jabatan ke Lektor Kepala, dan terinspirasi untuk melakukan studi lanjut demi kemajuan baik karier personal maupun lembaga UAD. Tidak lupa, Wakil Rektor-1 UAD mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik antara UAD dan UNY melalui kegiatan Bimtek Pekerti ini maupun gelombang-gelombang berikutnya nanti.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Wakil Rektor-2 UNY, Prof. Edy Purwanto, M.Pd. Dalam sambutannya Prof. Edy menyampaikan bahwa saat ini dunia telah memasuki Era Revolusi Industri 4.0, bahkan Jepang sudah menyatakan sebagai Revolusi Industri 5.0, yaitu Era yang ditandai dengan kemajuan yang luar biasa dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi namun juga tidak boleh melupakan pengembangan aspek kemanusiaan manusia. Dengan kemajuan teknologi tersebut tugas dosen dalam perkuliahan sebagai fasilitator belajar mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi. Sebagai fasilitator, dosen harus bisa meramu, mengkreasikan, dan mendesain pembelajaran menggunakan ilmu-ilmu pedagogi sekaligus dirancang sebagai sebuah penelitian yang hasilnya dapat ditulis dalam bentuk artikel jurnal yang berguna untuk kenaikan jabatan dosen minimal sebagai Lektor Kepala dan dan Guru Besar sebagai target akhirnya. Di akhir sambutannya Prof. Edy berharap para peserta dapat mengikuti Bimtek Pekerti dengan baik dan memperoleh ilmu, khususnya pedagogi, secara terbaik. Upacara Pembukaan diakhiri dengan foto bersama. (ismaniati)