Pusat Mata Kuliah Universiter

Kepala     :

Dr. Rukiyati, M.Hum.
Email : rukiyati@uny.ac.id

 

Sekretaris :

Dra. Sri Agustin Sutrisnowati, M.Si.
Email : sri_agustin@uny.ac.id

Pusat Mata Kuliah Universiter (selanjutnya: PMKU) semula merupakan salah satu jurusan di FPIPS IKIP Yogyakarta, yaitu Jurusan Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU). Jurusan MKDU diadakan dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0174/0/1983, berkaitan dengan adanya sejumlah mata kuliah yang bersifat universiter di perguruan tinggi atau disebut juga rumpun mata kuliah dasar umum yang bersifat wajib lulus  dan atau wajib tempuh untuk seluruh mahasiswa.
    Berdasarkan Kurikulum 2002 (Kurikulum Berbasis Kompetensi), mata kuliah umum ada yang ditentukan oleh universitas (matakuliah  universiter), tetapi ada pula yang ditentukan oleh program studi. Mata kuliah universiter meliputi Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan, serta Bahasa Inggris, sedang untuk mata kuliah umum yang menjadi pilihan program studi adalah PKLH (dipilih sejumlah prodi di FIP dan FISE), Ilmu Alamiah Dasar (dipilih prodi Pendidikan Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia (sejumlah prodi di FBS), Perspektif Global (dipilih sejumlah prodi di FIK dan prodi PGSD).
    Saat ini PMKU mengoordinasikan sejumlah mata kuliah, yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, PKLH, Bahasa Inggris, IAD dan Perspektif Global (khusus FIK), sedangkan sejumlah matakuliah umum lain dikoordinasi sendiri oleh setiap program studi yang berkepentingan. Seiring dengan adanya perubahan  kelembagaan di UNY, Unit MKU  per September 2011 berubah nama menjadi Pusat Mata Kuliah Universiter (PMKU)  dan secara struktural menjadi bagian dari Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP).

Visi

Menjadi lembaga yang unggul dalam pelaksanaan perkuliahan MKU untuk membangun kepribadian mahasiswa yang bertaqwa, rasional, berjiwa nasionalis, dan demokratis dengan berpedoman pada nilai-nilai Keagamaan dan Kebangsaan.

Misi

  1. Melaksanakan perkuliahan dalam rangka mewujudkan nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan sehingga terbentuk kepribadian mahasiswa yang bermoral luhur dan berprestasi.
  2. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan bidang ilmu MKU sesuai dengan perkembangan keilmuan terkini.
  3. Melaksanakan koordinasi sumber daya dalam rangka pelayanan perkuliahan MKU secara optimal.
  4. Menjalin kerja sama dengan instansi lain baik internal maupun eksternal.

Tujuan

Mengoordinasikan semua jurusan/program studi di UNY dalam hal pelayanan mata kuliah yang bersifat umum, yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Perspektif Global, PKLH, Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Sosio-Antropologi Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, serta Bimbingan dan Konseling.

Program

  1. Mengoordinasi dosen UNU, UNK, dan PAI untuk persiapan perkuliahan semester gasal dan genap.
  2. Mengembangkan tutorial PAI melalui Student Employment.
  3. Mengembangkan wawasan berpikir dan berdzikir mahasiswa (Pesantren Sehari).
  4. Mengembangkan PBM  UNU/ UNK /MPK.
  5. Mengembangkan instrumen evaluasi UNU/UNK/MPK.
  6. Meningkatkan kompetensi dosen MKU.
  7. Menyusun buku UNU/ UNK/MPK.

 

TAUTAN:

mku.lppmp.uny.ac.id