Pusat Pengembangan Berkala Ilmiah

Secara substansial dapat dinyatakan bahwa keberadaan berkala ilmiah merupakan salah satu kriteria yang dapat dipakai untuk menilai kualitas kelembagaan sebuah perguruan tinggi. Dihubungkan dengan entitas masyarakatnya sebagai masyarakat akademik, jurnal dapat menjadi tolok ukur dinamika kehidupan akademik dan ilmiah. Implikasinya, salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi adalah melalui peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah, melalui jurnal atau berkala ilmiah. Eksistensi jurnal ilmiah dapat disamakan dengan roh perguruan tinggi. Suatu hal yang ironis jika sebuah perguruan tinggi yang merupakan tempat para akademikus yang pemikir dan peneliti, tetapi tidak memiliki jurnal ilmiah sebagai sarana pemasyarakatannya.

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu perguruan tinggi, telah dan sedang berupaya untuk  meningkatkan kualitas berkala ilmiah. Di samping sebagai salah satu bagian dari kriteria akreditasi institusi, pengembangan jurnal atau berkala ilmiah juga digunakan sebagai sarana desiminasi dan publikasi hasil-hasil penelitian ilmiah.

Pengelolaan jurnal/berkala ilmiah juga bukan merupakan perkerjaan yang mudah. Ada dua permasalahan umum yang sering dihadapi para pengelola jurnal, yaitu ketersediaan naskah yang bermutu, dan keberlanjutan pengelolaan jurnal. Naskah bermutu sangat terbatas karena pada umumnya para peneliti belum mempunyai komitmen tinggi untuk memublikasikan hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat, atau hasil pemikiran keilmuannya melalui jurnal ilmiah. Kondisi pernaskahan yang kurang tersebut, kurangnya komitmen dan kompetensi pengelola, serta aspek pendanaan yang kurang lancar sering menjadi penyebab utama keberlangsungan penerbitan dan pengelolaan jurnal atau berkala ilmiah. Untuk mengatasi kondisi tersebut, salah satu cara yang ditempuh adalah dengan mengelola berbagai berkala ilmiah yang terbit di UNY ke dalam Pusat Pengembangan Berkala Ilmiah.

Visi
Menjadi lembaga yang unggul dalam pengembangan dan pembinaan berkala ilmiah yang berkualitas dan terakreditasi secara nasional.

Misi

  1. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan dalam pengelolaan berkala ilmiah menuju berkala ilmiah yang terakreditasi nasional.
  2. Melaksanakan koordinasi sumber daya dalam rangka pengembangan berkala ilmiah yang berkualitas dan terakreditasi nasional.
  3. Menjalin kerjasa sama dengan instansi lain baik internal maupun eksternal.

Tujuan
Mengoordinasikan  pengelolaan dan pengembangan berkala ilmiah di lingkungan UNY untuk menjaga kualitas, keajegan, konsistensi, dan kelancaran penerbitan dalam rangka persiapan pengajuan usulan akreditasi.

Program

  1. Pendataan keberkalaan berdasarkan penyerahan contoh terbitan tiap edisi/nomor yang terbit di berbagai lembaga di UNY.
  2. Koordinasi pengelola jurnal di lingkungan UNY secara periodik.
  3. Koordinsai pengelola jurnal di lingkungan UNY secara insindental sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan pengeloaan jurnal.
  4. Koordinasi penggalian sumber-sumber pendanaan pendukung penerbitan jurnal di UNY.
  5. Pengembangan kemampuan pengelolaan jurnal antara lain melalui berbagai pelatihan/workshop/studi banding.

TAUTAN:

p2bi.lppmp.uny.ac.id

 

Error | Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.