Sosialisasi LABSCHOOL UNY : Upaya Meningkatkan Kualitas UNY sebagai Lembaga Kependidikan

Rabu, 25 September 2013 LPPMP mengadakan sosialisasi labschool UNY ke sekolah terpilih yang diwakili oleh kepala sekolah, wakil guru, dan wakil komite sekolah. Pada acara yang dilaksanakan di GPLA FIK UNY ini hadir Kepala Dinas Kota Yogyakarta, Drs. Edi Heri Susana, Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab,M.Pd, Ketua LPPMP Prof. Dr. Wawan Sundawan, M.Ed, dan Ketua Pelaksana LabSchool Prof. Dr. Yoyon Suryono, M.A.

Sekolah ini dikembangkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta bersama pemerintah kabupaten/kota dan sekolah dengan harapan dapat memenuhi Standar Nasional Pendidikan yang diperkaya untuk menghasilkan lulusan yang unggul sebagai wahana pendidikan, pengabdian dan penelitian bagi dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dalam berbagai inovasi pembelajaran dan kebijakan pendidikan. “Pendirian labschool ini juga diharapkan mendorong munculnya sekolah-sekolah unggulan baru, tidak hanya sekolah favorit yang selama ini kita kenal”, ucap Rektor UNY. Oleh karena itu UNY akan mendorong peningkatan kualitas leadership para kepala sekolah, dan juga profesionalisme guru-guru yang mengajar sebagai komponen yang penting di sekolah.

Senada dengan Rektor UNY, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Drs. Edy Heri Suasana, M.Pd. mengatakan bahwa Program ini baru pertama kali di lakukan di Indonesia. "Keunggulan yang sudah dimiliki sekolah juga harus terus dikembangkan, Termasuk tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang," ucapnya. Sebelum labschool UNY akan di launching oleh UNY dan Pemerintahan Kota Yogyakarta pada bulan Oktober bertepatan dengan hari jadi kota Yogyakarta, agenda selanjutnya adalah sosialisasi kepada warga sekolah dengan sasaran utama adalah guru, komite sekolah, murid dan juga orang tua murid. “Sekali lagi tujuan utamanya adalah memajukan kualitas pendidikan di Kota Yogyakarta”, tegasnya.

Menurut Dr. Sri Winarni,M.Pd Sekretaris Program Labschool UNY, sekolah yang rencananya akan digunakan adalah ,TK Pembina Yogyakarta, TK N 2 Yogyakarta, TK Pedagogia,  SD N Tegalrejo, SD N Giwangan, SMP N 1 YK, SMP N 7 YK, SMAN 4, SMAN 6, dan SMAN 9, untuk tingkat SMK adalah SMKN 2, SMKN 5, SMKN 6, SMKN 7 (SMSR, SMKI, SMM). Menurutnya sekolah tersebut dipilih berdasarkan beberapa kriteria yang sesuai untuk dijadikan sekolah laboratorium. Nilai plus yang akan dikembangkan di sekolah itu antara lain  jiwa kewirausahaan, berbahasa global dan keterampilan yang diajarkan melalui ektra kurikuler. Ekstra kurikuler yang dikembangkan akan disesuaikan dengan kearifan lokal.

Error | Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.